keyword :
bab i bahasa sebuah pemahaman 1 bab i bahasa sebuah pemahaman 1.1
pengertian bahasa apabila kita membaca berbagai buku yang berkaitan
langsung dengan hakikat bahasa menemukan beberapa definisi tentang
bahasa yang dikemukakan oleh para pakar ahli bahasa terkait dengan
hakikat bahasa dalam bahasan ini penulis memaparkan sejumlah batasan
atau pengertian bahasa yang dikemukakan oleh para pakar bahasa kemudian
penulis menarik simpulan mengenai pengertian bahasa pemaparan pengertian
tentang bahasa yang penulis uraikan ini dimaksudkan agar pembaca
memperoleh gambaran secara umum dan luas mengenai hakikat bahasa adapun
pendapat pakar bahasa mengenai hakikat bahasa ialah berikut ini 1
harimurti kridalaksana kridalaksana 1985 12 menyatakan bahasa adalah
sistem bunyi bermakna yang dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok
manusia 2 kamus besar bahasa indonesia kbbi menurut kamus besar bahasa
indonesia 2001 88 bahasa adalah sistem bunyi yang arbitrer yang
digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama berinteraksi
dan mengidentifikasikan diri page 2 of 27 bahasa indonesia untuk
perguruan tinggi 2 3 finoechiaro finoechiaro 1964 8 menyatakan bahasa
adalah sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang
dalam suatu kebudayaan tertentu atau orang lain yang mempelajari sistem
kebudayaan itu berkomunikasi atau berinteraksi 4 carrol carrol 1961 10
mengemukakan bahasa merupakan sistem bunyi atau urutan bunyi vokal yang
terstruktur yang digunakan atau dapat digunakan dalam komunikasi
internasional oleh kelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk
mengungkapkan sesuatu peristiwa dan proses yang terdapat di sekitar
manusia 5 i.g.n oka dan suparno oka dan suparno 1994 3 memberikan
batasan bahasa adalah sistem lambang bunyi oral yang arbitrer yang
digunakan oleh sekelompok manusia masyarakat sebagai alat komunikasi 6
kamus linguistik menurut kamus linguistik 2001 21 bahasa atau language
adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para
anggota suatu masyarakat untuk kerja sama berinteraksi dan
mengidentifikasikan diri 7 gorys keraf keraf 1984 1 dan 1991 2
menjelaskan bahasa adalah alat komunikasi antaranggota masyarakat berupa
lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia 8 jos
daniel parera parera 1993 15 mengungkapkan bahasa adalah 1 sistem
lambang bunyi yang arbitrer dan bermakna konvensional yang digunakan
satu kelompok masyarakat untuk berkomunikasi antarsesama anggota 2
sarana untuk menyampaikan pikiran perasaan dan pesan memahami pikiran
perasaan dan pesan dari orang lain 3 warisan sosial dalam bentuk ujaran
atau satu lambang kesatuan masyarakat dan 4 isyarat atau tanda pada
umumnya seperti bahasa cerita bahasa bunga bahasa musik dan bahasa olah
raga page 3 of 27 bab i bahasa sebuah pemahaman 3 9 d.p tampubulon
tampubulon 1994 3 menyatakan bahasa adalah untuk memahami pikiran dan
perasaan serta menyatakan pikiran dan perasaan 10 h.g brown brown 1987 4
yang mengutip pendapat pei menyatakan bahasa adalah suatu sistem
komunikasi menggunakan bunyi yang diucapkan melalui organ-organ ujaran
dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat serta menggunakan
pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer
masih menurut brown bahasa adalah seperangkat sistem simbol linguistik
yang digunakan di dalam suatu kebiasaan yang sama oleh sejumlah orang
yang memungkinkan orang berkomunikasi dan dapat dimengerti antara satu
dengan yang lainnya 11 cassirer cassirer yang pendapatnya dikutip oleh
kaelan 1998 272-273 menyatakan bahasa adalah simbol-simbol yang
merupakan hasil penyusunan pikiran manusia bahasa adalah suatu bentuk
mental yang berdiri sendiri yang terpisah dari bentuk simbol-simbol yang
lain sehingga secara ontologis bukan merupakan substansi empiris
pandangan filosofis yang dikemukakan cassirer tersebut tidak memberikan
tempat bagi hakikat empiris bahasa yang berupa sistem bunyi ujaran yang
dapat dicerap dengan indera manusia 12 bloomfield bloomfield yang
pendapatnya dikutip oleh kaelan 1998 273 mengemukakan hakikat bahasa
secara ontologis adalah realitas empiris bahasa merupakan suatu sistem
simbol yang bersifat empiris yang berdiri sendiri terpisah dari
aspek-aspek nonempiris bahasa memiliki suatu keteraturan yang secara
empiris dapat ditentukan kebenarannya berdasarkan analisisnya yang
bersifat empiris pandangan bloomfield tersebut tidak mengakui realitas
metafisis page 4 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 4 bahasa
baginya bahasa ditentukan oleh struktur empiris bahasa itu sendiri oleh
sebab itu hal-hal yang berkaitan dengan realitas di luar bahasa seperti
benda-benda alam semesta konsep-konsep maupun nilai-nilai adalah berada
di luar struktur empiris bahasa secara epistemologis hakikat makna yang
menyangkut realitas dunia yang berada di luar realitas struktur bahasa
merupakan bidang kajian ilmu- ilmu yang lain dan tidak memiliki sangkut
paut dengan ilmu bahasa beranjak dari pendapat para pakar secara umum
dapat disimpulkan bahasa adalah sistem lambang bunyi bersifat arbitrer
yang bermakna dan digunakan sebagai alat komunikasi oleh anggota
masyarakat pemakai bahasa bahasa dinyatakan sebagai sistem lambang bunyi
yakni bahasa itu merupakan susunan kumpulan dari lambang-lambang bunyi
seperti a b c d e f dan seterusnya dinyatakan sebagai sistem karena
lambang-lambang bunyi harus disusun berdasarkan pola kebahasaan yang
telah disepakati oleh masyarakat pemakai bahasa sehingga lambang-lambang
bunyi tersebut memiliki makna bermakna contohnya sebagai berikut ini 1
adku 2 kdua 3 dkau 4 kuda contoh 1 2 dan 3 merupakan lambang bunyi yang
susunannya tidak tersistem sehingga tidak memiliki makna adapun contoh 4
merupakan lambang bunyi yang susunannya tersistem sesuai dengan pola
kebahasaan bahasa indonesia oleh sebab itu susunan lambang bunyi
tersebut memiliki makna bermakna yakni seekor binatang yang bernama kuda
bahasa dinyatakan sebagai lambang bunyi yang arbitrer karena
lambang-lambang bunyi tersebut adanya berdasarkan kesepakatan masyarakat
pemakai bahasa yang bersangkutan masyarakat pemakai bahasa memiliki
kesewenang-wenangan dalam menentukan lambang- lambang bunyi bahasa
masyarakat pemakai bahasa jawa memiliki page 5 of 27 bab i bahasa sebuah
pemahaman 5 lambang bunyi bahasa berbeda dengan masyarakat pemakai
bahasa arab cina latin sanskerta begitu juga masyarakat pemakai bahasa
yang lain juga memiliki lambang bunyi bahasa sendiri-sendiri oleh sebab
itu dapat dinyatakan bahwa lambang bunyi bahasa itu bersifat mana suka
yakni tergantung kepada kesepakatan masyarakat pemakai bahasa yang
bersangkutan bahasa dinyatakan sebagai alat komunikasi oleh masyarakat
pemakai bahasa karena tujuan utama disepakatinya susunan lambang-
lambang bunyi yang tersistem dan bermakna tersebut untuk komunikasi oleh
sebab itu bahasa merupakan media atau alat yang memiliki fungsi utama
sebagai alat komunikasi antarmasyarakat pemakai bahasa 1.2 karakteristik
bahasa secara umum bahasa memiliki karakteristik yang menunjukkan ciri
khas atau ciri khusus bagi hakikat bahasa karakteristik bahasa secara
umum mencakupi 1 oral 2 sistematis 3 arbitrer 4 konvensional 5 unik dan
universal 6 beragam 7 berkembang 8 produktif 9 fenomena sosial dan 10
bersifat insani l oral ciri bahasa ialah bunyi oleh sebab itu pengalaman
berbahasa yang paling umum pada manusia ialah berbicara dan menyimak
kehadiran bunyi bahasa lebih dulu daripada kehadiran tulisan hal itu
senada dengan yang dinyatakan oleh bloomfield yang dikutip oleh oka dan
suparno 1994 10 bahasa pada hakikatnya adalah bunyi 2 sistematis
sistemis dan komplit bahasa memiliki sifat sistematis yakni dalam bahasa
terdapat aturan atau kaidah beroperasinya bahasa selalu terikat pada
aturan- aturan atau kaidah-kaidah yang berlaku oleh sebab itu bahasa
dapat dikatakan bahwa bahasa itu teratur sistematis dapat berarti
sejumlah satuan bahasa yang terbatas hanya dapat dikombinasikan dalam
sejumlah cara yang terbatas dalam bahasa indonesia misalnya terdapat
prefiks ber- yang dapat page 6 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan
tinggi 6 berkombinasi dengan verba akan tetapi tidak selalu kombinasi
antarprefiks ber- dan verba menghasilkan bentukan yang gramatikal
perhatikan contoh berikut ini a berlari b berkelahi c bersembelih d
berlihat contoh tersebut memberikan bukti bahwa perfiks ber- tidak dapat
berkombinasi dengan verba sembelih dan lihat bahasa dinyatakan sebagai
sistemis karena sistem bahasa bukan merupakan sistem yang tunggal akan
tetapi terdiri atas sejumlah subsistem seperti fonologi morfologi
sintaksis dan leksikon bahasa itu komplit di dalamnya ada semua alat
yang kita perlukan untuk mengkomunikasikan seluruh pengalaman dan
gagasan kita kepada orang lain bahasa kita memiliki semua unsur yang
kita butuhkan untuk berkomunikasi meskipun kadang-kadang kita perlu
menciptakan kata-kata baru atau meminjam dari bahasa lain sehingga kita
dapat menyampaikan berita kepada mitra bicara 3 arbitrer dan simbolis
tidak ada kaitan langsung antara lambang dan yang dilambangi contoh
dalam bahasa indonesia ada kata pencuri melambangkan orang yang
berprofesi mengambil milik orang lain tanpa minta izin dan tanpa setahu
pemiliknya hal itu tidak dapat dinalar mengapa lambang yang digunakan
adalah kata pencuri dan bukan perampok pengambil atau pembajak mengapa
pelambangannya demikian tidak dapat dijawab karena tidak ada kaitan
logis antara lambang dan yang dilambangkan lambang-lambang bahasa itu
menggambarkan objek-objek yang konkret berbagai kegiatan pengalaman dan
gagasan kata-kata tersebut di atas hanya merupakan lambang-lambang benda
nyata sifat-sifat simbolis yang dimiliki bahasa memungkin kita
mengabstrasikan ide-ide dan pengalaman berbicara tentang ancol page 7 of
27 bab i bahasa sebuah pemahaman 7 borobudur jakarta bandung medan
bahkan surga dan neraka meskipun kita belum pernah mengalaminya secara
langsung pelambangan dalam bahasa tidak bersifat individu tidak ada
peluang bagi setiap individu untuk menciptakan bentuk-bentuk satuan
bahasa sekehendaknya sifat arbitrer itu hanya berlaku dalam masyarakat
bahasa dalam bentuk kesepakatan atau konvensi masyarakat bahasa
mempunyai kesewenang-wenangan dalam menentukan lambang-lambang bahasa
dan dalam menentukan maujud yang dilambangi oleh lambang-lambang
tersebut 4 konvensi sebagaimana telah dinyatakan bahwa sifat arbitrer
bahasa itu berlaku secara sosial tidak individual sifat itu merupakan
hasil kesepakatan masyarakat pemakai bahasa oleh sebab itu bahasa
disebut bersifat konvensional sebagai sifat hasil kesepakatan adapun
yang perlu disadari ialah kesepakatan itu bukanlah formal yang
dinyatakan melalui rapat sidang musyawarah kongres atau rapat raksasa
untuk menentukan lambang tertentu meskipun forum formal tidak ada tetapi
setiap pemakai bahasa harus tunduk kepada kesepakatan atau konvensi itu
disadari atau tidak pemakai bahasa sudah melakukan hal itu adapun
pelambangan yang menyimpang menyebabkan bahasa yang digunakan seseorang
menjadi tidak komunikatif 5 unik dan universal setiap bahasa memiliki
ciri khas sendiri yang tidak terdapat pada bahasa lain setiap bahasa
memiliki ciri-ciri yang diskrit yang memberikan identitas diri sebagai
bahasa yang berbeda dengan bahasa yang lain misalnya kata ulang
dwiwasana dalam bahasa madura lon- alon nak-anak dan reng-oreng bahasa
memiliki ciri-ciri yang universal yaitu ciri-ciri yang berlaku pada
semua bahasa misalnya pada setiap bahasa terdapat unsur bunyi yang
terpilah menjadi dua yakni vokal dan konsonan adapun dalam tataran jenis
kalimat setiap bahasa memiliki jenis kalimat berita kalimat tanya dan
kalimat perintah page 8 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 8 6
beragam bahasa itu beragam keragaman bahasa itu disebabkan oleh
kenyataan bahwa bahasa dipakai oleh kelompok manusia adapun kelompok
manusia itu banyak ada laki-laki ada yang perempuan ada tua dan muda ada
yang berkelas sosial tinggi menengah dan rendah menurut nababan 1979 11
ragam bahasa yang didasarkan tingkat formalitas pemakaiannya
digolongkan menjadi 1 ragam beku frozen 2 ragam resmi formal 3 ragam
usaha consultative 4 ragam santai casual dan 5 ragam akrab intimate
ragam beku merupakan ragam yang paling resmi yang dijumpai dalam
situasi-situasi yang khidmat dan upacara-upacara yang sangat resmi ragam
beku tidak diubah-ubah ragam beku dapat dilihat pada dokumen-dokumen
bersejarah seperti dalam pembukaan undang- undang dasar 1945 kalimat
pertama pembukaan undang-undang dasar 1945 diredaksikan dengan bunyi
bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh
sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak
sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan kalimat itu tidak dapat
diganti dengan kemerdekaan itu adalah hak semua bangsa dan karena itulah
semua wujud penjajahan harus dihapuskan ragam resmi merupakan ragam
yang digunakan dalam situasi- situasi resmi situasi-situasi kedinasan
suatu lembaga misalnya ragam bahasa yang digunakan oleh presiden dalam
rapat atau sidang dpr mpr ragam usaha merupakan ragam bahasa yang
digunakan pada ranah usaha seperti pembicaraan-pembicaraan di
perusahaan- perusahaan dan transaksi-transaksi dagang ragam santai
merupakan ragam bahasa yang digunakan dalam situasi santai antarpersona
yang sudah akrab seperti ragam bahasa yang digunakan sewaktu berekreasi
dan berolah raga ragam akrab merupakan ragam bahasa yang digunakan dalam
situasi-situasi yang sangat akrab intim seperti ragam bahasa yang
digunakan di lingkungan keluarga antarpersona yang tingkat page 9 of 27
bab i bahasa sebuah pemahaman 9 hubungannya sudah seperti keluarga ragam
bahasa ini tidak diwujudkan dalam bentuknya yang lengkap dengan
artikulasi yang jelas akan tetapi kalimat-kalimat yang dipergunakan
dalam ragam akrab ialah kalimat-kalimat pendek kelas sosial sering juga
dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan ragam bahasa berdasarkan kelas
sosial ditemukan lima ragam bahasa yaitu 1 ragam bahasa kelas atas 2
ragam bahasa kelas menengah atas 3 ragam bahasa kelas menengah 4 ragam
bahasa kelas menengah bawah dan 5 ragam bahasa kelas bawah
perbedaan-perbedaan di antara ragam-ragam bahasa tersebut tam- pak pada
berbagai tataran bahasa perbedaan-perbedaan itu tampak pada pilihan kata
bentuk kata bentukan kalimat prosodi dan bahkan tampak pada wujud-wujud
kinesis penuturnya 7 berkembang bahasa selalu berkembang atau bersifat
dinamis karakter itu ber- laku pada bahasa yang masih hidup seperti
bahasa indonesia bahasa inggris bahasa perancis dan bahasa madura
misalnya dalam bahasa jawa lama tidak terdapat bunyi z karena itu setiap
bunyi z yang ber-asal dari bahasa lain seperti zakat yang berasal dari
bahasa arab menjadi jakat bahasa jawa baru sudah mengenal bunyi z
sehingga sekarang terdapat kata-kata zakat mukjizat dan sejenisnya
bahasa-bahasa yang kita kenal sekarang ialah bahasa-bahasa yang telah
mengalami perubahan kata-kata seperti pizza riset dan hamburger masuk ke
dalam bahasa indonesia kata-kata yang sudah mati seperti mangkus
sangkil piawai dan peringkat dihidupkan lagi bentukan baru mnenggantikan
bentukan lama seperti pelatihan menggantikan latihan simpulan
menggantikan kesimpulan 8 produktif atau kreatif produktif atau kreatif
yang merupakan karakter bahasa bertumpu pada pemakai bahasa pemakai
bahasa dengan pola-pola dan lambang- lambang yang terbatas dapat
mengkreasi hal-hal baru new world melalui bahasa dengan konstruksi
posesif dalam satuan frasa misalnya penutur bahasa indonesia dapat
menciptakan frasa-frasa dan page 13 of 27 bab i bahasa sebuah pemahaman
13 mampu membicarakan apa saja yang berkenaan dengan lingkungannya
penutur tidak perlu menghadirkan acuan yang dibicarakannya penutur dapat
membicarakan apa saja yang dikehendaki sesuai dengan tuntutan tuturan
misalnya kalau kita ingin membicarakan sang maha pencipta cukup
menggunakan lambang allah untuk menyebut sang pencabut nyawa kita cukup
menggunakan lambang izroil fungsi imajinatif merupakan fungsi bahasa
untuk menciptakan sesuatu dengan berimajinasi karya-karya sastra seperti
puisi cerpen dan novel merupakan karya-karya yang lahir berkat fungsi
bahasa sebagai alat untuk berimajinasi 2 halliday pendapat halliday yang
dikutip oka dan suparno 1994 38-50 mengungkapkan fungsi bahasa
mencakupi instrumental regulatori representasional interaksional
personal huristis dan imajinatif fungsi instrumental merupakan fungsi
bahasa untuk mengatur lingkungan yakni untuk menciptakan situasi atau
peristiwa tertentu dalam fungsi instrumental bahasa mengemban fungsi
sebagai alat dengan fungsi tersebut kondisi tertentu dapat diciptakan
misalnya seorang pemilik rumah mempersilakan tamunya untuk masuk ke
dalam rumah hal itu sang pemilik rumah menggunakan bahasa dengan fungsi
instrumental yakni dengan menggunakan kalimat perintah persilaan silakan
masuk atau masuklah demikian juga sang pemilik rumah itu mempersilakan
duduk tamunya dia menggunakan kalimat perintah duduklah atau silakan
duduk maka terjadilah kondisi yang diharapkan yakni kondisi tamu yang
masuk rumah atau tamu yang duduk akan tercipta dengan penggunaan kalimat
persilaan fungsi regulatori mengemban tugas memelihara atau mengontrol
keadaan atau peristiwa peristiwa-peristiwa negosiasi persetujuan
penolakan pengendalian tingkah laku yang dilakukan dengan menggunakan
bahasa telah membuktikan fungsi bahasa sebagai regulator misalnya bahasa
dalam undang-undang memiliki fungsi regulatori karena berfungsi untuk
mengatur atau mengontrol keadaan dalam pemerintahan dan masyarakat page
14 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 14 fungsi
representasional merupakan fungsi bahasa untuk menggambarkan situasi
tertentu dalam fungsi representasional bahasa menunjukkan korelasi
antara lambang bahasa dan hal yang diwakili dalam kehidupan sehari-hari
fakta dan khasanah ilmu pengetahuan tidak akan terkomunikasi jika tidak
dinyatakan dengan bahasa fakta keduniaan dan khasanah ilmu pengetahuan
sebenarnya merupakan benda yang memerlukan rujukan dalam konteks ini
bahasa memainkan fungsinya yang sangat penting yakni fungsi
representasional seorang dapat menghadirkan dunia dengan fungsi
representasional misalnya seorang yang mengetahui kecelakaan di suatu
tempat akan menyampaikan kejadian itu kepada orang lain orang yang
bersangkutan akan menghadirkan fakta atau dunia yang telah dilihatnya
dengan mengatakan tadi ada kecelakaan atau tadi terjadi kecelakaan dan
seorang korbannya meningal dunia dalam konteks ilmu pengetahuan seorang
ilmuwan memiliki khasanah ilmu khasanah itu sendiri merupakan fakta
keduniaan yang di luar manusia oleh sebab itu jika seorang ilmuwan
menyampaikan khasanah ilmu atau informasi ilmiah dia telah menggunakan
bahasa dengan fungsi representasional fungsi interaksional merupakan
fungsi bahasa yang mengacu pada bahasa sebagai alat untuk berinteraksi
fungsi interaksional dapat dilaksanakan seseorang dengan baik apabila
dia mengetahui dan memahami nilai-nilai atau karakteristik budaya yang
berlaku dalam bahasa yang bersangkutan apabila seseorang akan
menggunakan bahasa inggris dia harus memahami aspek budaya bahasa
inggris seperti lelucon jargon-jargonnya dan sopan santunnya fungsi
bahasa sebagai interaksional yang dinyatakan halliday tersebut mirip
dengan fungsi interaksional yang dinyatakan oleh finocchiaro fungsi
personal merupakan fungsi bahasa sebagai alat untuk menyampaikan diri
atau menyatakan diri fungsi personal bahasan yang diungkapkan oleh
halliday itu sama dengan fungsi personal yang diungkapkan oleh
finoechiaro page 15 of 27 bab i bahasa sebuah pemahaman 15 bahasa yang
dimanfaatkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan merupakan bahasa yang
mengemban fungsi huristis hal itu menunjukkan dengan bahasa seseorang
akan mendapatkan khasanah ilmu pengetahuan karena khasanah ilmu
pengetahuan bukanlah wahyu akan tetapi seseorang manusia dipersyaratkan
untuk mendapatkan informasi pengetahuan dalam karya ilmiah fungsi
huristis tampak pada rumusan masalah 1 seperti mengapa daun talas dan
air tidak dapat kohesif 2 bagaimana ular dapat mengenali lingkungannya
padahal dia tidak memiliki gendang telinga dan 3 mengapa orang enggan
duduk di deretan depan pada forum pertemuan kelebihan manusia dengan
makhluk-makhluk lain adalah kemampuan berimajinasi dengan bahasa yang
berfungsi imajinasi manusia dapat menciptakan berbagai karya berbeda
dengan fungsi referensial fungsi imajinatif tidak tergantung pada dunia
faktual acuan yang dilambangkan dengan bahasa bukanlah dunia yang nyata
perlu disadari bahwa manusia tidak dapat berimajinasi jika dia tidak
menguasai bahasa sebagai alatnya seseorang tidak dapat berimajinasi
dalam bahasa inggris jika dia tidak menguasai bahasa inggris oleh sebab
itu aktivitas berimajinasi baru dapat dilakukan oleh seseorang jika dia
menguasai bahasa yang relevan hal itu dapat dipahami karena berimajinasi
merupakan aktivitas mental untuk mengkreasi referen imajinatif
aktivitas itu dapat dilakukan jika pada otak manusia sudah tersedia
lambang-lambang beserta hubungan- hubungan antarlambang itu dalam rangka
mewujudkan acuan itu 3 blundell et.al sebagaimana dikutip oleh sadtono
1987 blundell et.al menyatakan fungsi bahasa dapat dikelompokkan menjadi
empat bagian keempat fungsi bahasa itu ialah 1 fungsi informasional
atitudinal dan aktif 2 fungsi formula sosial 3 fungsi pelumas komunikasi
dan 4 fungsi informasi kebahasaan fungsi informasional penyikapan dan
aktif adalah fungsi yang didasarkan kenyataan bahwa sikap attitude
terhadap sesuatu perasaan pendapat penilaian baru dapat ditentukan
setelah page 16 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 16
seseorang terlebih dahulu mendapatkan informasi berikut ini ialah
bentuk-bentuk kalimat yang berkaitan dengan fungsi informasional
atitudinal dan aktif informasional anda jangan lupa menulis surat untuk
adikmu bentuk kalimat di atas memiliki fungsi mengingatkan penyikapan
saya tidak tahu apakah nanti sore saya dapat bertandang ke rumah
anjasmara atau tidak bentuk kalimat di atas memiliki fungsi mengatakan
tentang ketidakpastian aktif belajarlah yang rajin agar anda menjadi
mahasiswa yang sukses bentuk kalimat di atas memiliki fungsi menasihati
orang untuk mengerjakan sesuatu fungsi formula sosial atau basa-basi
merupakan fungsi yang sekadar dimaksudkan untuk memantapkan hubungan
sosial pemakaian bentuk-bentuk bahasa yang digunakan dalam komunikasi
tidak mengandung makna dan maksud yang sebenarnya misalnya dalam bahasa
inggris sering kita temukan kalimat hello how are you jawaban terhadap
kalimat itu juga jawaban yang bernilai basa- basi yakni jawaban yang
dinyatakan dengan kalimat fine thank atau just fine thank contoh bahasa
inggris tersebut tidak memiliki arti dan maksud yang serius atau yang
sebenarnya penanya tidak bermaksud mengorek keadaan yang sebenarnya
demikian pula jawabannya jadi walaupun yang ditanya itu dalam keadaan
tidak baik dia akan menyatakan begitu oleh sebab itu bentuk yang
digunakan memiliki patron dan pola yang pasti tidak pernah kita temukan
jawaban dalam bahasa inggris misalnya oh not so fine i have some trouble
page 20 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 20 alat yang
membuat anak didik memiliki kesanggupan untuk menjadi anggota masyarakat
dengan fungsi integratif memungkinkan anak didik mampu mengintegrasikan
dirinya dalam suatu masyarakat oleh sebab itu anak didik harus
menguasai bahasa yang dipelajarinya fungsi instrumental bahasa merupakan
fungsi penggunaan bahasa yang antara lain untuk mendapatkan keuntungan
material memperoleh pekerjaan meraih ilmu pengetahuan dan mendapatkan
peluang- peluang ekonomi misalnya pengajaran bahasa inggris seseorang
yang menguasai bahasa inggris memiliki peluang lebar untuk memperoleh
pekerjaan bahkan sekarang banyak orang yang mempelajari berbagai bahasa
untuk kepentingan praktis yakni untuk mencari pekerjaan penghasilan
fungsi kultural adalah fungsi bahasa sebagai wahana untuk mengenal
mempelajari mengapresiasi dan menghargai nilai-nilai budaya yang
berwahanakan bahasa dalam konteks pengajaran bahasa daerah dimaksudkan
agar anak didik mampu memperoleh pengalaman kultural yang terdapat dalam
bahasa daerah yang dipelajarinya begitu pula dalam pengajaran bahasa
indonesia juga mengemban fungsi kultural bagi anak didik bahasa
indonesia merupakan alat untuk mengenal kebudayaan nasional yang
berdampak pada upaya menghayati mengapresiasi dan menghargai kebudayaan
nasional fungsi penalaran merupakan fungsi bahasa yang memberikan
penekanan pada penggunaan bahasa sebagai alat berpikir dan bernalar
bernalar merupakan proses atau aktivitas kognitif yang berusaha untuk
menghubung-hubungkan konsep untuk menganalisis dan untuk mensintesis
aktivitas tersebut tidak mungkin terjadi pada diri anak didik jika dia
tidak menguasai bahasa yang seharusnya digunakannya bahasa merupakan
alat untuk berpikir dan bernalar beranjak dari pendapat para pakar
bahasa mengenai fungsi bahasa maka dapat disimpulkan bahwa fungsi bahasa
secara umum sebagai berikut 1 secara umum fungsi bahasa ialah sebagai
alat komunikasi dalam dan untuk kepentingan apa saja pada hakikatnya
bahasa digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi page 21 of 27 bab i
bahasa sebuah pemahaman 21 2 dalam aktivitas kehidupan manusia
sehari-hari lebih banyak menggunakan bahasa untuk percakapan dengan
demikian manusia lebih banyak menggunakan bahasa dengan fungsi
interaksional daripada pemakaian bahasa dengan fungsi transaksional hal
itu sesuai dengan fungsi bahasa yang penting ialah sebagai alat
komunikasi 3 secara khusus bahasa memiliki berbagai fungsi yang
berkaitan langsung dengan manusia secara individu personal maupun
komunal masyarakat dunia pendidikan dan pengajaran kebudayaan identitas
karakter suatu bangsa identitas kelompok tertentu maupun daerah tertentu
dan penanaman nilai-nilai ideologi suatu bangsa 4 untuk mengetahui
hakikat fungsi bahasa terutama fungsi bahasa secara khusus harus
melakukan analisis sesuai dengan konteks pemakaiannya penggunaannya
dalam kalimat paragraf maupun wacana 1.4 fungsi bahasa indonesia fungsi
bahasa secara umum telah dijelaskan akan tetapi yang perlu dipahami
ialah setiap bahasa nasional suatu negara memiliki fungsi sesuai dengan
pandangan hidup ideologi budaya dan eksistensi bangsa suatu negara yang
bersangkutan demikian juga dengan bahasa indonesia bahasa indonesia
sebagai bahasa nasional republik indonesia memiliki fungsi-fungsi khusus
sesuai dengan kepentingan bangsa indonesia adapun fungsi-fungsi yang
dimaksudkan ialah sebagai berikut 1 sebagai alat untuk menjalankan
administrasi negara fungsi ini tampak dalam surat-menyurat resmi dalam
peraturan-peraturan dan perundang-undangan dan dalam pidato-pidato
pertemuan resmi 2 sebagai alat pemersatu berbagai suku yang ada di bumi
nusantara yang masing-masing memiliki bahasa dan dialeknya
sendiri-sendiri untuk mengintegrasikan suku-suku yang ada di indonesia 3
sebagai wadah penampung kebudayaan dalam membina page 22 of 27 bahasa
indonesia untuk perguruan tinggi 22 kebudayaan yang baru bahasa
indonesia memainkan peranan sebagai wadah penampung kebudayaan baru
tersebut begitu juga dalam hal ilmu pengetahuan bahasa indonesia menjadi
sarana untuk meraihnya 4 merupakan lambang identitas bangsa indonesia 5
merupakan lambang kebanggaan bangsa indonesia 1.5 jenis-jenis bahasa
manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi menggunakan berbagai bahasa
jenis-jenis bahasa yang dipergunakan manusia untuk berkomunikasi dan
berinteraksi ada 6 yakni sebagai berikut 1 bahasa diam silent language 2
bahasa tanda sign language 3 bahasa kode code language 4 bahasa kontak
contact language 5 bahasa simbol symbol language 6 bahasa verbal verbal
language bahasa diam adalah cara berkomunikasi yang dilakukan oleh
penutur dengan mitra tutur tetapi mitra tutur menanggapinya dengan diam
bahasa diam juga bisa diamati dalam kehidupan sehari-hari contoh seorang
ayah pulang dari kantor ketika ditanya istrinya ia diam saja ia tidak
menjawab pertanyaan istrinya istrinya tentu bergumam wah suamiku punya
masalah bahkan dalam suatu etnis dan budaya tertentu diam dapat dimaknai
sebagai berbahasa misalnya seorang gadis ketika ditanya oleh orang
tuanya tentang kesanggupannya untuk dinikahkan ia hanya diam hal itu
sudah merupakan jawaban bahwa ia bersedia untuk dinikahkan bahasa tanda
adalah cara berkomunikasi dengan menggunakan tanda-tanda yang banyak
menggunakan bahasa tanda ialah polisi lalu lintas misalnya tanda parkir
berupa huruf p yang dilingkari bahasa kode adalah cara berkomunikasi
dengan menggunakan isyarat oleh karena itu bahasa kode disebut juga
bahasa isyarat bagi bangsa indonesia mengangguk berarti setuju
menggelengkan kepala page 23 of 27 bab i bahasa sebuah pemahaman 23
berarti tidak setuju atau tidak mau dan mengernyitkan dahi berarti belum
paham bahasa kode banyak digunakan pada kegiatan kepramukaan misalnya
berkomunikasi dengan menggunakan isyarat- isyarat semaphore bahasa
kontak adalah cara berkomunikasi dengan cara menyinggungkan anggota
tubuh dengan mitra bicara kontak secara jasmani misalnya seorang nenek
membelai-belai rambut cucunya pertanda sang nenek sedang mencurahkan
kasih sayangnya kepada cucunya seorang atlet memenangkan suatu
kejuaraan dipeluk erat- erat oleh pelatihnya hal itu bermakna bahwa sang
pelatih merasa bangga kepada atlet asuhannya karena telah memenangkan
lomba ketika seorang sedang berbela sungkawa karena ditinggal mati oleh
anggota keluarga seorang pelayat menepuk-nepuk bahu orang yang sedang
berbela sungkawa hal itu bermakna bahwa sang pelayat berharap kepada
orang yang sedang dilanda kesedihan itu tabah dan bersabar bahasa simbol
adalah bahasa yang disimbolkan mitra komunikasi mitra bicara dapat
memahami maksud atau pesan yang disampaikan oleh penutur komunikator
dengan mengamati simbol yang digunakan oleh komunikator misalnya
pemakaian cincin pada jari manis tangan kiri hal itu untuk
memberitahukan kepada orang lain bahwa dia sudah bertunangan adapun
cincin jika dipakai di jari manis pada tangan kanan berarti telah
dinikahkan bahasa simbol berbeda dengan bahasa tanda bedanya dalam
bahasa tanda biasanya dilambangkan dengan huruf-huruf atau lukisan
sedangkan dalam bahasa simbol diwujudkan dengan barang misalnya pada
kegiatan pecinta alam apabila di tengah jalan diberi ranting dan daun
secara menghadang bukan membujur hal itu bermakna tidak boleh meneruskan
perjalanan bahasa verbal adalah komunikasi antarpartisipan dengan cara
menggunakan organ-organ atau lambang-lambang verbal apabila menggunakan
organ yang mengacu pada bahasa lisan sedangkan jika menggunakan lambang
verbal berarti mengacu kepada bahasa tulis misalnya bahasa verbal lisan
digunakan oleh beberapa orang yang page 25 of 27 bab i bahasa sebuah
pemahaman 25 mempelajari bahasa belajar berbahasa bertujuan agar dapat
berkomunikasi dengan pemilik bahasa misalnya para pelaut belajar
berbahasa inggris karena mereka akan berlayar ke berbagai negara
negara-negara yang disinggahi dikunjungi bahasa pengantarnya atau bahasa
sehari-harinya ialah bahasa internasional yakni bahasa inggris orang
jepang australia dan kanada yang hendak mempelajari dan menekuni dunia
pewayangan harus mempelajari bahasa jawa terlebih dahulu tujuan secara
estetis penguasaan berbahasa ialah agar seseorang dapat meningkatkan
kemahiran dan penguasaannya dalam bidang keindahan bahasa misalnya para
sastrawan yang menghasilkan karya-karya sastra dengan bahasa-bahasa yang
indah seperti bahasa puisi cerpen dan novel tujuan filologis
ditunjukkan oleh seseorang mempelajari bahasa agar dapat mengungkapkan
nilai-nilai kebudayaan yang terkandung dalam bahasa yang bersangkutan
seseorang yang mempelajari bahasa sadar bahwa bahasa merupakan produk
budaya oleh sebab itu bahasa mencerminkan dan merefleksikan budaya
seseorang dapat mempelajari dan menguasai bahasa suatu suku atau bangsa
apabila orang yang bersangkutan mempelajari dan menguasai budayanya hal
itu terutama dalam mempelajari naskah-naskah kuno dengan tujuan untuk
mengungkapkan isi naskah yang bersangkutan maka penguasaan bahasa naskah
merupakan suatu keharusan tujuan linguistis ditunjukkan oleh seseorang
mempelajari bahasa dengan bahasa itu sendiri sebagai objeknya bahasa
sebagai bidang ilmu tujuan utamanya ialah untuk mengetahui kaidah-kaidah
kebahasaan yang terdapat pada bahasa itu bermula dari tujuan linguistis
tersebut terbitlah buku-buku tata bahasa atau paramasastra yang sangat
bermanfaat bagi orang-orang yang ingin mempelajari bahasa 1.7 manfaat
penguasaan berbahasa seseorang dalam mempelajari bahasa tentu
mengharapkan manfaat yang dapat dipetik manfaat penguasaan berbahasa
dapat page 26 of 27 bahasa indonesia untuk perguruan tinggi 26
diturunkan dari fungsi bahasa dari berbagai fungsi bahasa dapat
diketahui dan dapat dipahami manfaat penguasaan berbahasa manfaat
penguasaan berbahasa ialah mencakupi manfaat bagi penutur dan pendengar 1
manfaat berbahasa bagi penutur manfaat berbahasa ditinjau dari segi
penutur penguasaan berbahasa dapat bermanfaat secara pribadi atau
personal bahasa merupakan sarana untuk menyampaikan ide gagasan perasaan
informasi atau hal-hal yang lain misalnya bahasa sebagai alat untuk
menyampaikan perasaan memiliki fungsi emotif dengan bahasa seseorang
dapat mencurahkan perasaannya melalui surat melamun ataupun dalam
bentuk-bentuk yang lain dengan bahasa seseorang dapat berbicara pada
diri sendiri monolog atau ngudarasa 2 manfaat berbahasa bagi pendengar
manfaat berbahasa ditinjau dari sisi pendengar bahasa dapat digunakan
sebagai sarana direktif dan regulatori yaitu untuk memerintah dan
mengatur perilaku orang lain berikut ini contohnya a atik coba ambilkan
buku bapak yang ada di meja tamu b hati-hati jangan mendekati ular itu c
sebaiknya kamu pergi nanti sore karena sekarang masih hujan dari sisi
pendengar bahasa juga sebagai alat instrumental yang digunakan untuk
memanipulasi lingkungan misalnya seorang pembawa acara yang menggunakan
bahasa untuk memikat para hadirin sehingga para hadirin serius mengikuti
acara-acara yang ditampilkan begitu juga dapat berfungsi retorikal
dengan bahasa seseorang politikus atau ahli-ahli pidato dapat memikat
dan mempengaruhi audien seperti kh zainuddin mz mampu memikat dan
mempengaruhi jamaahnya dengan bahasa yang indah dan berisi sehingga
jamaah tetap setia mendengarkan pengajiannya hingga usai page 27 of 27
bab i bahasa sebuah pemahaman 27 bab i bahasa sebuah pemahaman 1 1.1
pengertian bahasa 1 1.2 karakteristik bahasa 5 1.3 fungsi bahasa 11 1.4
fungsi bahasa indonesia 21 1.5 jenis-jenis bahasa 22 1.6 tujuan
penguasaan berbahasa 24 1.7 manfaat penguasaan berbahasa
No comments:
Post a Comment